Manfaat Uzlah Bagi Pencerahan Hati dan Ketajaman Pikiran

MANFAAT UZLAH BAGI PENCERAHAN HATI DAN KETAJAMAN PIKIRAN


Artinya:
"Tak ada sesuatu yang lebih bermanfaat bagi hati sebagaimana uzlah, sebab dengan memasuki uzlah alam pemikiran kita  akan menjadi lapang."

Mengobati penyakit hati bagi seorang murid merupakan sebuah kewajiban. Sementara penyakit-penyakit hati itu terjadi  karena kekalahannya terhadap hukum-hukum tabiat dari pergaualannya yang berlawanan dengan kehendak kesucian hatinya, terpaku dengan kebiasaan-kebiasaan buruk dan karena mengikuti kehendak hawa nafsunya serta merasa senang dengan perasaan alam indrawi.

Untuk mengobati penyakit hati ada banyak cara yang bisa ditempuh, tetapi yang paling ampuh dan bermanfaat ialah dengan cara mengasingkan diri dari keramaian hiruk pikuk manusia (uzlah) melakukan perenungan, menghidupkan jiwa dan mensucikan pikiran.

Dengan beruzlah, secara lahir seseorang menjadi terhindar dari pergaulan orang-orang yang tidak patut untuk dipergauli dan selamat dari orang-orang yang akan memasukkan bahaya dari pengaruh negatif dengan sebab mempergaulinya.

Dengan begitu, maka orang yang beruzlah menjadi terbebas dan selamat dari kemaksiatan yang muncul melalui pergaulan. Seperti menggunjing, riya, menampilkan sikap yang dibuat-buat. Sehingga ia menjadi selamat dari perangai buruk dan akhlak yang tercela yang hendak merajuki dari merecokinya. Manfaat lain yang juga didapatkan adalah agamanya menjadi terjaga, jiwanya menjadi terpelihara dari dorongan permusuhan, serta berbagai macam kejahatan dan fitnah yang lainnya. Karena nafsu begitu cepat merespon dan hanyut pada hal-hal buruk tersebut dengan tanpa reserve.
Oleh sebab itu, adalah menjadi keharusan bagi orang yang beruzlah untuk menahan lisannya dari bertanya tentang berita orang-orang di luar mengenai kesibukan dan apa saja yang terjadi pada mereka. Juga berkewajiban menjaga pendengarannya dari mendengarkan berita tentang dan keadaan mereka. Agar konsentrasi uzlahnya tidak terganggu dengan munculnya kabar berita yang muncul dan berusaha untuk mengetahuinya. Hendaklah juga ia menjauhi pergaulan dengan orang yang tidak dapat menjaga ucapan dan tidak dapat dipercaya akan kebenaran lisannya, yang ucapannya panjang lebar hingga tidak terasa masuk kedalam pergunjingan membicarakan aib dan keburukan manusia. Karena semua itu akan memperkeruh kejernihan hati, sehingga terperangkap ke dalam perbuatan maksiat yang mengundang kemurkaan Tuhan.

Bagi orang yang beruzlah hendaklah menjauhi dan berlari dari semua itu, sebagaimana berlarinya menjauh dari binatang buas. Sama sekali janganlah bermitra dengan orang semacam itu. Hendaklah ia mengingkari orang yang dikenalnya yang tidak dapat menjaga lidah, apalagi terhadap mereka yang tidak dikenal, untuk menjaga agamanya.
Sebagaimana perkataan sebagian ulama: 

"Ingkarilah orang yang Anda ketahui, janganlah Anda mencari tahu pada orang yang tidak Anda kenal. "
Disebutkan pula di dalam hadis:

"Perumpamaan mitra duduk yang buruk adalah laksana pandai besi, jika ia tidak membakar Anda dengan kejahatan peltikan api ububannya, tentu Anda terkena baunya."

Di dalam akhbar tentang kaum terdahulu disebutkan bahwa Allah swt. berfirman kepada Nabi Musa as.: "Wahai putera Imran, jadilah Anda selalu terjaga dengan penuh kesadaran, janganlah diri Anda merasa tenang dengan seorang teman. Karena seorang saudara atau teman yang tidak mendorong dan meluruskan Anda untuk berbuat baik kepada-Ku, pada dasarnya dia adalah musuh Anda."

Allah swt. juga berfirman kepada Nabi Daud as.: "Wahai Daud, Aku tidak melihat Anda menyendiri, untuk beruzlah." Daud berkata: "Ya Ilahi, aku mengurus makhluk, karena Engkau." Allah berfirman: "Jadilah Anda, orang yang selalu terjaga penuh waspada, janganlah diri Anda merasa tenang dengan seorang saudara, karena setiap teman atau saudara yang tidak memberikan petunjuk dan dorongan melakukan kebaikan kepada-Ku, maka janganlah Anda bergaul dengannya, karena dia adalah musuh bagi Anda, membuat hati Anda keras membatu dan jauh dari-Ku."

Abi Ishaq berkata dalam syairnya:
Takutlah terhadap pergaulan anak-anak manusia Sebagaimana ketakutan kamu terhadap binatang buas dan singa. Pergaulilah manusia pilihan di antara mereka dengan tetap penuh waspada.

Dengan beruzlah juga akan terhimpunlah cita-cita. Berbeda dengan bergulat dalam hingar bingar pergaulan manusia. Karena yang terakhir ini, akan mencerai beraikan cita-cita dan memperlemah kemauan menuju Tuhan.

Dikatakan pula, bahwa dengan menyepi seorang hamba dapat menyimpulkan masalah yang dianalisanya dalam situasi yang bersih, sehingga memperoleh banyak kebaikan yang dapat diperbuat terhadap Tuhannya. Tetapi ketika ia keluar berkecimpung dalam hiruk pikuk komunitas pergaulan, maka ikatan-ikatan kebaikan itu, akan terlepas satu persatu, hingga tak tersisa ketika ia kembali ke rumah.

Diriwayatkan dari Nabi Isa as.:
"Janganlah Anda menjalin kemitraan dengan orang-orang yang mati. Karena akan menyebabkan hati Anda juga menjadi mati." Ditanyakan kepadanya: "Siapakah orang-orang yang mati itu?" Ia menjawab: "Yaitu orang-orang yang cinta dunia, yang orientasi hidupnya hanyalah untuk kesenangan dunia. "

Disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: "Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takutkan terjadi pada umatku adalah, lemahnya keyakinan (iman)." Dan lemahnya keyakinan itu hanya akan terjadi karena pengaruh melihat orang-orang yang lalai dan bergaul dengan orang-orang yang suka berbuat kebatilan dan kekerasan.

Abu Thalib Al-Makki berkata: "Musibah yang paling berbahaya bagi seorang hamba yang membuatnya terperangkap dalam perbuatan yang menyeretnya pada kebinasaan dan jauh dari Tuhan adalah lemahnya iman. Lemahnya keyakinan terhadap apa yang dijanjikan, mengenai  hal-hal gaib yang harus diyakini, seperti adanya janji pahala, kesaksian dan ancaman siksa. Kuatnya iman dan keyakinan adalah pangkal dari segala kebaikan dan kesalehan.

Dalam kontek ini, ada seseorang bertanya kepada wali abdal, bagaimana caranya menemukan hakekat dan bisa sampai kepada Al-Haq (Allah). Dia berkata: "Janganlah Anda melihat pada makhluk, karena melihat mereka adalah kegelapan. Orang itu berkata: "Melihat mereka menjadi tidak bisa tidak, karena saya adalah bagian dari mereka." Dia menjawab: "Janganlah Anda mendengar perkataan mereka. Karena perkataan kasar mereka membuat hati Anda mati." Orang itu berkata lagi: "Tidak bisa tidak, saya adalah manusia di antara mereka.". Dia menjawab: "Janganlah Anda bermuamalah dengan mereka, karena bermuamalah dengan mereka merupakan kerugian dan kekerasan." Orang itu berkata: "Saya berada di antara mereka, bermuamalah dengan mereka menjadi keniscayaan yang tidak bisa dihindari." Dia menjawab: "Janganlah Anda merasa tenang tinggal bersama mereka. Karena tinggal bersama mereka akan menimbulkan kerusakan." Orang itu berkata lagi: "Inilah illatnya." Sang wali abdal berkata: "Hai tuan, Anda melihat orang-orang yang bermain-main, mendengar perkataan orang-orang yang bodoh, bermuamalah dengan orang-orang yang batil dan tinggal bersama orang-orang yang rusak, sementara Anda menginginkan mendapatkan manisnya ketaatan, namun hati Anda bersama yang selain Allah, betapa jauh lamun dari kenyataan. Yang demikian itu, tidak akan terjadi selamanya."

Dan dengan beruzlah pandangan matanya menjadi terhindar dari melihat perhiasan dan kenikmatannya yang bersifat menipu, gerak hatinya menjadi terhindar dari memandang baik akan perhiasan dan kesenangan dunia yang dicela oleh Allah. Dengan mengumbar pandangan terhadap perhiasan dan kesenangan dunia nafsu menjadi bergejolak tertarik terus memandangnya secara berlebihan, sehingga terdorong untuk melakukan perbincangan dengan orang yang ahli dunia.
Allah swt. berfirman:
Artinya:
"Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami coba mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan, lebih kekal." (QS. Thaha: 131).

Hendaklah bagi seorang hamba memandang rendah dan hina terhadap dunia dan perhiasannya. Karena dunia dan perhiasannya itu akan menyebabkan timbulnya penyakit hati yang sangat besar dan berbahaya. Barangsiapa yang mengasingkan diri dari dunia ramai, maka dia akan selamat dari bahaya besar itu, atas izin Allah swt.

Imam Abu Qasim Al-Qusyairi berkata ra. berkata: "Orang-orang yang menempuh jalan mujahadah, apabila menghendaki menjaga hati mereka dari getaran-getaran suara hati yang buruk, mereka tidak memandang terhadap perhiasan dunia. Ini merupakan persoalan penting dan mendasar dalam dunia mujahadah bagi orang yang menekuni laku spiritual (riyahadhah).

Muhammad bin Sirin ra. berkata: "Tahanlah pandangan Anda, takutlah memandang secara berlebihan. Karena hal itu akan membangkitkan syahwat."

Seorang sastrawan berkata: "Barangsiapa yang mengumbar sorot matanya, maka dia akan selalu menuai penyesalan." Ada pula yang berkata: "Pandangan mata menjadi sumber timbulnya lamunan. Barangsiapa yang melepas matanya, dia akan terus memburu mangsanya. Sesungguhnya memandang sesuatu dengan penglihatan mata, menyebabkan hati menjadi tercerai berai. Berkatalah penyair melalui bait-bait syair berikut:

"Jika mata yang merupakan jendela hati kamu lepas bebas maka aneka pemadangan membuat kamu kelelahan apa yang kamu lihat tidak akan sanggup kamu jangkau seluruhnya dan dengan yang sebagian saja kamu pun tidak akan sanggup bersabar. "

Dengan demikian, keinginannya terhadap apa yang dimiliki orang lain menjadi terputus dan apa yang ada dalam khazanah Allah menjadi harapan dan cita-citanya.

Yang demikian itu, merupakan faedah besar beruzlah bagi orang yang berakal dan memiliki kecerdasan. Manfaat uzlah tidak akan dapat tercapai secara sempurna, kecuali dengan menyibukkan hati dengan berpikir dan melakukan perenungan.
Bagi orang yang beruzlah dituntut untuk memperhatikan ketentuan-ketentuan lahiriah secara syar'i, dan adab-adabnya secara batin. Syekh Imam Abu Hamid Al-Ghazali menjelaskan mengenai uzlah di dalam kitab Ihya' Ulumuddin di dalam bab uzlah dengan penjelasan yang komprehensip dan mendalam. Hendaklah Anda menelaah dan menyimaknya dengan baik.

Nabi saw. bersabda: "Berpikir sesaat lebih baik daripada ibadah sunnah selama satu tahun." Demikianlah keutamaan beruzlah dengan melakukan perenungan. Wallahu a'lam.

Isa Putra Maryam, semoga shalawat dan salam tercurah pada keduanya, juga kepada Nabi kita Muhammad saw. 
Beliau berkata:

Artinya:
"Sungguh beruntung orang yang ucapannya adalah zikir, diamnya pikir, penglihatannya untuk mengambil pelajaran. Dan orang yang paling cerdas adalah orang yang mampu menundukkan nafsunya dan beramal buat setelah kematian. "

Ka'ab berkata: "Barangsiapa yang menginginkan kemuliaan di akhirat, maka hendaklah memperbanyak berpikir."
Ketika ditanyakan kepada Ummi Darda': "Amal apakah yang paling mulia yang dilakukan oleh Abu Darda'?" Ia menjawab: "Bertafakkur." Yang demikian itu, karena dengan bertafakkur dapat bisa sampai mengetahui akan hakekat sesuatu, menjadi jelas antara yang hak dan yang batil, antara yang manfaat dan yang bahaya. Dengan bertafakkur dapat juga diketahui gerak halus munculnya nafsu yang berbahaya, tipu daya musuh, tipuan dunia. Dapat diketahui pula arah jahat kehendak nafsu, sehingga dapat menghindari dan membersihkan dari kejahatannya.

Hasan Basri berkata: "Berpikir merupakan cermin, sehingga terlihat kebaikan dan keburukan Anda." Apabila seseorang berpikir mengenai ayat-ayat dan ciptaan Allah, makan akan terlihat olehnya kebesaran dan keagungan Allah swt. dan diketahui pula betapa besarnya nikmat Allah, baik yang nyata maupun yang samar. Didapatkannya suatu keadaan yang luhur yang dapat menghilangkan penyakit hati dan menjadi lurus, tetap teguh dalam menjalankan ketaatan kepada Tuhan-nya, juga merupakan manfaat yang diperoleh dengan sebab berpikir.

Saya (Ibnu Ibad) berkata, bahwa mengenai uzlah yang dikemukakan pengarang (Ibnu Athaillah), mengandung pengertian al-khalwah (berkhalwat atau menyepi). Di mana berkhalwat merupakan salah satu dari empat rukun uzlah yang mesti dipenuhi bagi murid, atau orang yang menempuh jalan uzlah. Rukun ketika yang harus juga dipenuhi ialah as-shumtu (diam), dan seseorang tidak akan bisa menghindari untuk tidak bicara dengan manusia, melainkan dengan berkhalwat dan uzlah. Sementara kedua rukun lainnya ialah lapar (al-juu') dan terjaga (as-sahr). Bila semua itu, terpenuhi secara sempurna oleh seorang murid, maka berhasil sebagai obat, dan ia pun masuk dalam kategori golongan para wali dan wali abdal.

Sahal bin Abdullah ra. berkata: "Semua kebaikan terhimpun dalam empat perkara tersebut. Dengan empat perkara itu, para wali abdal menjadi wali abdal. 
Keempat perkara itu ialah:
  1. Tahan lapar (al-juu'u)
  2. Diam (as-shumtu)
  3. Berkhalwat (al-khalwah)
  4. Terjaga (as-sahr).


Sebagaimana yang terhimpun dalam syair berikut:
  • Wahai orang yang menuju maqom wali abdal tanpa kehendak kuat untuk beramal.
  • Jangan coba-coba menginginkannya bila kamu bukan ahlinya.
  • Mana mungkin kamu dapat memasuki dunia kewalian sementara kamu masih sibuk dengan hingar bingar Keramaian dan pesta dunia.
  • Para pemimpin wali abdal mendirikan empat sendi (rukun) untuk dapat memasuki baitul wilayah (rumah kewalian) yaitu, diam, mengasingkan diri, lapar dan terjaga.

Postingan populer dari blog ini

HINDARI BERAMAL DEMI MENCARI POPULARITAS

Keagungan dan Keindahan Ilahi | Menundukan Diri Sendiri | Wasiat dari Wali Allah Syeh Abdul Qadir Al-Jailani

Ketika Anda Terhalang Mengenal Allah

Arti Kesehatanmu

Etika Bisnis